Age Hale Online | 2D MMORPG Games
Sudahkah kamu teregister di forum ini ?
ayo silahkan bergabung Login / register.

Agar dapat membaca seluruh isi dalam forum, harap register terlebih dahulu. Sekarang kamu dapat login menggunakan account facebook lho ! Ayo buruan udang teman - teman kamu untuk bergabung ke sini yuk !.

2D MMORPG game forum, official forum discussion of Age Hale Online.


You are not connected. Please login or register

Pengenalan Design Grafis

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down  Message [Halaman 1 dari 1]

1Lol Pengenalan Design Grafis on Wed May 19, 2010 3:25 pm

Apel12

avatar
Administrator
Administrator
Desain Grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan
yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk
memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi,
foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk
diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Gambar maupun
tanda yang digunakan bisa berupa tipografi atau media lainnya seperti
gambar atau fotografi.Desain grafis umumnya diterapkan dalam dunia
periklanan, perfilman, dan lain-lain.Menurut Jessica Helfand dalam situs http://www.aiga.com/
mendefinisikan desain grafis sebagai kombinasi kompleks kata-kata dan
gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang
membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa
menggabungkan elemen-eleman ini, sehingga mereka dapat menghasilkan
sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau
sesuatu yang mudah diingat.Menurut Suyanto dalam situs http://id.wikipedia.org
desain grafis didefinisikan sebagai ” aplikasi dari keterampilan seni
dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri”. Aplikasi-aplikasi
ini dapat meliputi periklanan dan penjualan produk, menciptakan
identitas visual untuk institusi, produk dan perusahaan, dan lingkungan
grafis, desain informasi, dan secara visual menyempurnakan pesan dalam
publikasi.Secara garis besar, desain grafis dibedakan menjadi beberapa kategori :
1. Printing (Percetakan) yang memuat desain buku, majalah, poster,
booklet, leaflet, flyer, pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang
sejenis.
2. Web Desain : desain untuk halaman web.
3. Film termasuk CD, DVD, CD multimedia untuk promosi.

4. Identifikasi (Logo), EGD (Environmental Graphic Design) : merupakan
desain professional yang mencakup desain grafis, desain arsitek, desain
industri, dan arsitek taman.
5. Desain Produk, Pemaketan dan sejenisnya.Oleh
karena desain grafis dibagi menjadi beberapa kategori, maka sarana
untuk mengolah pun berbeda-beda, bergantung pada kebutuhan dan tujuan
pembuatan karya.Aplikasi Pengolah Tata Letak (Layout)Program
ini sering digunakan untuk keperluan pembuatan brosur, pamflet,
booklet, poster, dan lain yang sejenis. Program ini mampu mengatur
penempatan teks dan gambar yang diambil dari program lain (seperti
Adobe Photoshop). Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:v Adobe FrameMakerv Adobe In Designv Adobe PageMakerv Corel VenturaAplikasi Pengolah Vektor/GarisProgram
yang termasuk dalam kelompok ini dapat digunakan untuk membuat gambar
dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator
Program. Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis,
baik berupa garis lurus maupun lengkung. Aplikasi yang termasuk dalam
kelompok ini adalah:v Adobe Illustratorv Beneba Canvasv CorelDrawv Macromedia FreehandAplikasi Pengolah Pixel/GambarProgram
yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah
gambar/manipulasi foto (photo retouching). Semua objek yang diolah
dalam progam-program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa
titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya, foto.
Gambar dalam foto terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yang memiliki
kerapatan dan warna tertentu. Meskipun begitu, program yang termasuk
dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, akan tetapi
dianggapa sebagai kumpulan pixel. Objek yang diimpor dari program
pengolah vektor/garis, setelah diolah dengan program pengolah
pixel/titik secara otomatis akan dikonversikan menjadi bentuk
pixel/titik.Yang termasuk dalam aplikasi ini adalah:v Adobe Photoshopv Corel Photo Paintv Macromedia Xresv Metacreations Painterv Metacreations Live Picturev Micrografx Picture Publisherv Microsoft Photo EditorAplikasi Pengolah Film/VideoProgram
yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah film
dalam berbagai macam format. Pemberian judul teks (seperti karaoke,
teks terjemahan, dll) juga dapat diolah menggunakan program ini.
Umumnya, pemberian efek khusus (special effect) seperti suara ledakan,
desingan peluru, ombak, dan lain-lain juga dapat dibuat menggunakan
aplikasi ini. Yang termasuk dalam kategori ini adalah:v Adobe After Effectv Adobe Premierev Power Directorv Show Biz DVDv Ulead Video Studiov Easy Media Creatorv Pinnacle Studio Plusv WinDVD CreaterAplikasi Pengolah MultimediaProgram
yang termasuk dalam kelompok ini biasanya digunakan untuk membuat
sebuah karya dalam bentuk Multimedia berisi promosi, profil perusahaan,
maupun yang sejenisnya dan dikemas dalam bentuk CD maupun DVD.
Multimedia tersebut dapat berisi film/movie, animasi, teks, gambar, dan
suara yang dirancang sedemikian rupa sehingga pesan yang disampaikan
lebih interktif dan menarik.Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:v Macromedia Directorv Macromedia Flashv Multimedia BuilderBitmap dan VektorCorelDraw
adalah program grafis dengan basis vektor atau garis. CorelDraw versi
11 dapat pula mengolah gambar dengan basis bitmap dengan hasil yang
tidak kalah dengan pengolah bitmap yang sesungguhnya. bitmap tersusun
dari titik – titik kecil dengan sebutan pixel. Dimana unsur terkecil
ini akan membentuk suatu kesan yang ditangkap oleh mata sebagai sebuah
gambar. Apabila gambar tersebut dibesarkan hingga melawati batas
maksimalnya maka gambar tersebut akan terlihat unsur dasarnya yaitu
kotak – kotak warna.Spesifikasi hardware yang disarankanSyarat
utama yang umum untuk aplikasi grafis adalah kesediaan RAM atau memory
yang mencukupi untuk menjalankan aplikasi tersebut. Untuk program
CorelDraw 11, spesifikasi standar yang haus dipenuhi adalah sebagai
berikut :1. Processor minimal Pentium II 233 MMX2. RAM minimal 128 MB3. Monitor Minimal SVGA4. VGA minimal 16 MB5. Ruang kosong Hardisk minimal 2 GBStatus BarStatus
Bar memberikan keterangan tentang apa yang terjadi dalam jendela
gambar. Status Bar juga memberikan informasi tentang posisi pointer
dari objek yang dipilih termasuk bentuk, ukuran dan warna dalam dan
outline-nya.Kotak Tool (Tool Box)Atau Tool Box mengandung
tool yang digunakan untuk membuat dan mengedit objek. Dengan mengklik
tanda panah kecil disudut kanan bawah masing-masing ikon, pilihan tool
yang lain akan muncul.Zoom TollDigunakan untuk
memperbesar atau memberikan pandangan gambar. Ada dua yaitu zoom in
untuk memperbesar dan zoom out untuk memperkecil.Istilah di CorelDraw 1. Object : Gambar yang dibuat
2. Path : Garis keliling luar objek, bisa terbuka ataupun tertutup
3. Properties : Atribut dalam objek seperti warna, ukuran atau bentuk
4. Handle : 8 kotak hitam kecil yang muncul membentuk sebuah persegi panjang mengelilingi objek yang dipilih
5. Node : Kotak yang dilalui path. Dapat dipakai untuk membentuk path dengan shape tool
6. Control point : Handle yang membentuk sebuah line segment
7. Line Segment : Bagian path yang berada diantara dua node
8. Select : Klik object dengan pick tool untuk memilihnya. Gunakan shape tool untuk untuk memilih node.
9. Outline : Garis wakil path yang dapat diberi warna atau dibuat tidak terlihat
10. Fill : Warna, pola, tekstur atau fountain fill yang diaplikasikan kedalam objek
11. Guidelines : Garis Bantu yang tidak dapat dicetak
12. Layer : Bidang transparan dimana objek ditempatkan ketika menggambar
13. Group : Sekumpulan objek yang ditautkan sehingga dapat dipindahkan atau diubah sebagai satu objek.Credit : http://blogger.kotamagetan.com/pengenal … rafis.html
Cendooll

Lihat profil user http://agehale.onlinemmorpg.net

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas  Message [Halaman 1 dari 1]

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik